Beranda | Artikel
Bab Muzaraah - Kitab Matan Abu Syuja (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 31 Maret 2016

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 22 Jumadats Tsaniah 1437 / 31 Maret 2016. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Muzara’ah“.

Download kajian sebelumnya: Bab Ja’alah / Memberikan Imbalan

(Download juga: kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib – Matan Abu Syuja’ – Format PDF)
[wpdm_file id=49]

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Muzara’ah

Muzara’ah adalah seseorang menyerahkan sawah kepada orang lain sebagai pengelola, lalu si pengelola mengelola sawah tersebut dan ditanami padi. Kemudian si pemilik tanah mensyaratkan sepertiga dari hasil padi adalah miliknya.

Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وإذا دَفَعَ إلى رَجُل أرضا ليزرَعَها ،وشَرَطَ له جزءا معلوما من رَيْعِهَا لم يَجُز. وإن أكْرَاه إيَّاها بذهب أو فضة أو شَرَطَ له طعاما معلوما في ذمته جاز

Jika seseorang menyerahkan tanahnya kepada petani untuk ditanami, lalu dia mensyaratkan hasil dari sebidang tanah tertentu ini untuk si pemilik tanah dan hasil sebidang lainnya untuk si petani, maka hukumnya tidak boleh (menurut Madzab Syafi’i).

Simak selengkapnya penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan “Bab Muzaraah” ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Muzara’ah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/19873-bab-muzaraah-kitab-matan-abu-syuja-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/